TERIMAKASIH atas kunjungan anda di blog ini, beri komentar anda dan Jangan lupa Follow Blog ini. SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 22 April 2011

Mendengarkan Musik Baik Bagi Kesehatan


Musik, yang mungkin hanyalah suara - suara yang ditimbulkan oleh benda. Namun ternyata musik lebih dari sekedar suara yang ditimbulkan benda, musik ternyata baik bagi kesehatan pendengarnya.
Setiap orang memiliki aliran musik yang berbeda - beda, banyak para ahli yang percaya bahwa ritme atau nada yang ditimbulkan memiliki efek menenangkan.

Setiap genre / jenis musik mempunyai efek yang berbeda untuk tubuh, berikut ini adalah beberapa genre musik dan efeknya bagi tubuh :


  • Musik Klasik.
    musik klasik memeliki kecendrungan menenangkan tubuh dan merangsang pikiran, meningkatkan kemampuan verbal dan penalaran spasial temporal, bahkan mempunya efek menenangkan jantung sehingga dapat membantu orang yang mempunyai penyakit jantung.
  • Musik India Klasik.
    musik India klasik didasarkan pada mode melodi dan tempo berirama, mode melodi tertentu dikenal dapat mengaktifkan pusat energi dari tubuh. Musik india klasik sering dijadikan dan disarankan untuk terapi pengobatan penyakit seperti insomnia, migrain, sakit kepala kronis, hipertensi, dll.
  • Musik Hip Hop/ Rap.
    musik jenis ini memiliki efek yang berbeda bagi pendengarnya, di satu sisi musik jenis ini mengeluarkan perasaan yang negatif, namun di sisi lain dengan musik yang bigitu energik membuat pendengarnya ingin bergoyang dan menari, sehingga membuat metabolisme tubuh berjalan lebih sempurna.
  • Musik Rock.
    sering kali orang mengatakan musik rock bikin sakit kepala, namun sebenarnya musik ini dapat memacu adrenalin dalam tubuh kita sehingga dapat membantu menghilangkan stres tanpa mempengaruhi denyut jantung dan tekanan darah.


Itulah beberapa jenis musik dan manfaatnya bagi kesehatan, oleh karena itu Phytagorus, Plato dan Aristoteles menyadari akan besarnya manfaat dari mendengarkan musik, bahkan Einstein sendiri mengatakan bahwa salah satu alasan ia bisa begitu pintar karena dia sering memainkan biola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar