TERIMAKASIH atas kunjungan anda di blog ini, beri komentar anda dan Jangan lupa Follow Blog ini. SEMOGA BERMANFAAT

Jumat, 13 Mei 2011

Kutu Beras Yang Menyebalkan!

Sitophilus oryzae adalah nama latin dari kutu beras. Kutu dewasa ukurannya lebih kecil dari bulir beras. Panjangnya sekitar 3mm. Tubuhnya berwarna abu - abu kehitaman dengan bintik - bintik hitam di atasnya. Kutu beras berasal dari Asia. Namun, kini telah menjadi hama bahan pangan di seluruh dunia.

Sitophilus oryzae hidup di tumpukan bahan pangan, seperti beras, jagung dan gandum. Kutu ini berkembang biak sangat cepat. Bedasarkan penelitian, kutu betina dapat bertelur 2 - 6 butir setiap harinya. Untuk menyimpan telurnya, kutu betina melubangi bulir beras dengan rahangnya. Satu lubang hanya untuk satu butir telur.

Kutu beras dapat hidup selama beberapa bulan. Selama hidup, kutu betina mampu menghasilkan sekitar 400 butir telur. Telur akan menetas menjadi larva setelah 3 hari. Larva akan hidup pada lubang beras selama 18 hari. Setelah itu akan menjadi pupa selama 5 hari, lalu bermetamorfosis menjadi kutu.

Kutu beras merupakan hama perusak bahan pangan. kutu ini tidak hanya menyerang beras, jagung dan gandum, tetapi juga merusak bahan pangan lainnya seperti sorgum, ketela, kedelai, kacang hijau, biji semangka, hingga biji bunga matahari.


Cara Membasi :

Kutu beras hidup pada suhu 27 sampai 31 derajat Celcius. kutu akan mati pada suhu di bawah 17 derajat Celcius. Oleh karena itu, salah satu cara menghindari beras agar tidak diserang kutu adalah dengan menyimpan beras di tempat dengan suhu di bawah 17 derajat Celcius.

Apabila beras sudah terlanjur ada kutunya, cara menghilangkannya ada beberapa cara, yaitu dengan :

  • Jemurlah beras di atas wadah yang terbuat dari bahan metal atau aluminium, hingga semua kutu pergi dengan sendirinya.
  • Letakan beras dalam wadah dan tutupi beras dengan kain basah. Tunggu beberapa saat hingga kutu - kutu menempel pada kain.

2 komentar:

  1. setau saya, kutu jenis pemakan bahan panggan ini ada 2 jnis yaitu bermoncong ama yang tidak bermoncong ? bisa gak kakak ?> jlasin kedua.nya? karna sy lagi cari tgaz kampus kebetulan temanya ini mencari tau tentang ke2 jenis kutu mulai dari nama latin ampe seluk beluk keluargax (jenis)? plisss

    BalasHapus