TERIMAKASIH atas kunjungan anda di blog ini, beri komentar anda dan Jangan lupa Follow Blog ini. SEMOGA BERMANFAAT

Kamis, 05 Mei 2011

"Batik" Warisan Budaya Indonesia

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia khususnya di pulau Jawa. Pada jaman dahulu perempuan - perempuan Jawa menjadikan batik sebagai mata pencaharian, oleh karena itu membatik adalah pekerjaan eksklusif bagi perempuan.


Tradisi membatik merupakan tradisi turun temurun, terkadang motif batik dapat dikenali yang berasal dari kalangan keluarga tertentu dan menunjukan status seseorang. Saat ini motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga Keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Sekarang batik mempunyai corak dan warna yang beragam. Corak dan warna batik saat ini banyak dipengaruhi oleh budaya asing, awalnya batik hanya mempunyai corak dan warna yang terbatas dan beberapa jenis corak dan warna batik hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu saja. Namun pada batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.


Jenis batik terbagi atas 2 bagian, yaitu menurut teknik pembuatannya dan asal mula pembuatan batik.

> Menurut teknik pembuatan batik :

1) Batik tulis adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.


2) Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap yang terbuat dari tembaga. Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.


3) Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.


> Menurut asal pembuatan batik :

Di berbagai daerah di Indonesia hampir seluruh daerah mempunyai batik dengan corak dan bentuk masing - masing sesuai dengan daerah batik tersebut. Namun batik lebih dominan berasal dari pulau Jawa, khususnya daerah Jawa ( Jawa tengah, Jawa Barat, Jawa timur ). Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.


Berikut beberapa jenis batik di Indonesia :

Batik Naga
Batik Hokokai
Batik Jawa Baru
Batik Kawung
Batik Jawa Hokokai
Batik Tiga Negri
Batik Dewa - Dewa
Batik Garuda
Batik Obar Abir
Batik Parang Barong
Batik Parang Curiga
Batik Parang Rusak
Batik Primisan
Batik Solo
Batik Tirta Teja
Batik Tulis Tiga Negri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar