TERIMAKASIH atas kunjungan anda di blog ini, beri komentar anda dan Jangan lupa Follow Blog ini. SEMOGA BERMANFAAT

Kamis, 05 Mei 2011

Alexander Graham Bell Bukan Penemu Telepon?

Semua orang tau bahwa Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon dan di catat dalam sejarah dunia, namun pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat sejarah harus di tulis ulang, karena sesungguhnya orang yang pertama kali menemukan telepon adalah Antonio Meucci bukan Alexander Graham Bell.
Antonio Meucci
Antonio Santi Giuseppe Meucci lahir di San Frediano pada 13 April 1808 dan wafat pada 18 Oktober 1889. Dia adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon.
Antonio Meucci menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan karyanya pada tahun 1871, namun karena kekurangan dana untuk mematenkan karyanya, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.


Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan temuannya ini serta membawa model dan segala keterangannya pada wakil ketua perusahaan telegraf Westeren Union. Setiap kali Meucci hendak menemui wakil ketua Westeren Union, Edward B.Grant selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon di perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah "hilang".

Tiba - tiba setelah sekitar 5 tahun setelah materi penemuan Meucci hilang, pada tahun 1876 Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon pertama. Setelah Meucci mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union baru terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar 20% keuntungan komersil atas "penemuannya" selama 17 tahun kepada Western Union.

Lebih dari seabad Alexander Graham Bell dikenal dunia sebagai penemu telepon. Namun saat ini sejarah telah dicatat ulang, penemu telepon pertama adalah Antonio Santi Giuseppe Meucci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar